CONTENT :

Game Project

Senin, 09 April 2012

MARKET RESEARCH

Marketing research (riset pemasaran) adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian.

Contoh Market Research..
Contoh Market Research secara online misalnya yaitu pada situs indonesia untuk menawarkan jasa riset :
ini adalah salah satu contoh market riset yang ada di indonesia dengan penawaran jasa riset secara online untuk membantu pihak tertentu yang membutuhkan mereka untuk memberikan jasa riset ataupun pelatihan riset tersebut.

Apa yang Di Riset ?
Proses Riset Pemasaran pada mars indonesia ini meriset berbagai bagian sesuai dengan permintaan dari konsumen dari sisi tujuannya.

  1. Customer satisfaction & Loyalty : Riset ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap merek yang digunakannya dan memahami faktor-faktor yang mendasari perasaan dan sikap-sikap pelanggan. Dengan demikian pengelola merek dapat menentukan strategi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kepuasan dan lolayitas pelanggan, dan akhirnya mencapai tujuan perusahaan untuk melakukan customer retention.
  2. Brand performance Research : Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mentrack performance merek di pasar, sehingga manajemen dapat menyusun strategi yang tepat untuk mengembangkan kinerja merek. Kinerja yang diukur tidak hanya pangsa pasar, melainkan awareness, market knowledge, prefference, intention, usage, sampai adoption. Dari penelitian ini pengelola merek dapat memahami titik persoalan yang sedang dihadapi oleh merek di pasar.
  3. Service Monitoring using Mystery Shopping : Riset ini bertujuan untuk memonitor kualitas layanan cabang dengan cara mengirimkan mystery shopper (seseorang yang bertugas sebagai pelanggan) yang bertugas untuk merekam bentuk-bentuk layanan yang dialami selama berinteraksi dengan front-liner. Dengan menjalankan riset ini manajemen dapat mengetahui kualitas layanan cabang sesungguhnya dan secara obyektif.
  4. Pricing Research : Riset ini bertujuan untuk mendapatkan beberapa hal : 1) range harga yang dapat digunakan sebagai ‘ruang bermain’ bagi produk. 2) harga optimal yang dapat diberlakukan, dan 3) besarnya permintaan (sales) pada setiap harga yang akan diberlakukan.
  5. Catchment area & customer profiling research : Setiap bisnis yang perkembangannya sangat tergantung dari area seperti supermarket / department store / rumah sakit / mall, dll akan memiliki catchment area yang terdiri dari R1 (lingkaran 1), R2 dan R3, di mana 80 % bisnis berasal dari ketiga lingkaran tersebut. Besarnya garis tengah lingkaran tersebut ditentukan oleh waktu ataupun jarak. Dengan memahami lebih baik tentang potensi dan perilaku pelanggan di catchment area maka dapat dikembangkan strategi untuk mengoptimalkan program pemasaran.
  6. Brand communication evaluation : Riset ini secara khusus dilakukan untuk mengevaluasi effektivitas program komunikasi (iklan dan lain-lain) yang dilakukan oleh perusahaan. Efektivitas komunikasi terlihat dari tingkat pemahaman pasar terhadap merek, preferensi, intensi, trial, usage, maupun adopsi. Dengan melakukan riset ini pemilik merek dapat mengetahui di tingkat mana sumber permasalahan dari kinerja merek sehingga dapat disusun strategi untuk meningkatkannya.
  7. Market Segmentation : Riset segmentasi bertujuan untuk secara tajam memahami dan mengeksplorasi pasar. Perbedaan dengan riset segmentasi yang lain, variabel yang digunakan oleh MARS Indonesia untuk segmentasi bukan pre-determined (ditentukan terlebih dahulu), akan tetapi mendasarkan pada data pasar. Dalam metode ini seluruh variabel yang memungkinkan jadi variabel segmentasi diteliti dan secara post-hocdianalisis untuk mencari variabel yang paling significant membagi pasar.
  8. Customer Behavior (usage, attitude & Image study) : Riset ini bertujuan untuk secara detail memahami pelanggan (dan non pelanggan), terutama tentang persepsinya (cognitive), perasaan dan sikap (affective), maupun intensi dan perilakunya, baik terhadap merek yang diteliti maupun competitor, produk substitusi dan produk complementnya. Dengan demikian pengelola merek mendapatkan peta detail tentang pasar dan pelanggannya, sehingga memudahkan bergerak sesuai arah yang dikehendaki.
Berbagai hal mengenai bahan / topik yang ingin di riset tersebut sebagai gambaran apa yang di riset secara umum yaitu sebagai berikut :
  1. Perumusan Masalah
    Salah satu peranan penting dari riset pemasaran adalah membantu merumuskan masalah yang harus diatasi. Riset hanya dapat dirancang secara sistematis untuk memberikan informasi berharga jika masalah yang dihadapi telah dirumuskan secara jelas dan akurat. Proses perumusan masalah meliputi pula spesifikasi tujuan riset yang dilakukan.
  2. Penentuan Desain Riset
    Pada tahapan ini dibuat kerangka untuk melaksanakan penelitian. Di dalamnya memuat secar a rinci prosedur untuk pengumpulan data, cara pengujian hipotesis, kemungkinan jawab terhadap research questions samapi dengan model analisis yang dipergunakan.
  3. Perancangan Metode Pengumpulan Data
    Setelah ditentukan model yang dipakai untuk pengumpulan data, dilakukan kegiatan pengumpulan data  baik primer maupun sekunder. Pengumpulan data primer dapat dilakukan dengan cara interviewing, dengan wawancara langsung, telepon maupun surat. Sedangkan untuk mendapatkan data sekunder dapat digunakan fasilitas internet, perpustakaan, publikasi lembaga-lembaga statistik, majalah dan sebagainya.
  4. Perancangan Sampel dan Pengumpulan Data
    Perancangan sampel harus dilakukan dengan menspesifikasi kerangka sampling, proses pemilihan sampel dan jumlah sampel. Kerangka sampling merupakan daftar unsur populasi yang harus diambil sampelnya. Proses pemilihan sampel didasarkan pada berbagai metode sampling, baik probability sampling maupun non probability sampling.
  5. Analisis dan Interpretasi Data
    Temuan riset pemasaran tidak akan ada nilainya jika tidak dianalisis dan diinterpretasikan. Analisis data terdiri atas beberapa langkah, yakni: editing, koding, tabulasi, analisis (misalnya uji statistik) dan interpretasi data.
  6. Penyusunan Laporan Riset
    Laporan riset merupakan rangkuman hasil, kseimpulan dan rekomendasi penelitian yang diserahkan kepada pihak manajemen untuk pengambilan keputusan. Biasanya laporan riset akan menjadi standar penilaian yang digunakan para eksekutif dalam mengevaluasi proses manfaat riset pemasaran. oleh sebab itu laporan riset harus jelas, informatif dan akurat.

Tujuan Riset
Dalam melakukan riset pasar ini tentunya memiliki maksud tertentu yaitu untuk mencapai tujuan bagi organisasi atau pihak yang menginginkan riset tersebut. berikut ini adalah tujuan - tujuan dari riset pasar :
  • Sebagai fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan pemahaman yang dapat membuat aktivitas pemasaran lebih efektif. 
  • Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.
  • Mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara obyektif kenyataan yang ada.
  • Bebas dari pengaruh keinginan pribadi ( political biases ). “ Find it and tell if like it is “.
KOMENTAR
Mars di indonesia ini adalah salah satu lembaga riset yang sudah terkenal terlihat dari siapa saja yang menggunakan jasanya sampai cara risetnya yang profesional yang mengelompokkan permintaan berdasarkan tujuan untuk proses yang lebih cepat ini. Selain itu Mars juga menyediakan lembaga pendidikan riset juga.

Dengan adanya lembaga seperti ini (lembaga market riset) maka akan lebih membantu bagi para pengguna informasi dari data yang ada untuk mempermudah dalam mengambil pilihan yang tepat sesuai dengan informasi yang nantinya di terima. sehingga tujuan dari market riset adalah keuntungan bagi para pengguna jasa ini.

Berikut ini adalah informasi mengenai Client Mars Indonesia :
CLIENT MARS
Selama kurun waktu lebih dari 16 tahun MARS Indonesia melayani klien dari berbagai sektor industri. Beberapa klien yang pernah menggunakan MARS Indonesia (sebagian besar sampai saat ini masih dilayani) adalah sebagai berkut :
BANKINGBCA, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, BRI, HSBC, Bank Panin, Bank Bukopin, Bank Danamon, Bank Mega dan lain-lain
TELECOMMUNICATIONPT Telkom tbk, PT Indosat Tbk, PT Excelcomindo, Lintas Arta, PT Indosat Mega Media (IM2), Citra Sari Makmur, Nokia, dan lain-lain
CONSUMER GOODSProcter & Gamble (P&G), Kao Indonesia, Mead Johnson, Nutricia, dan lain-lain
FARMASIPT SOHO industri Farmasi, PT Phapros Tbk, Dexamedica, Pfizer, Bintang Toejoe, dan lain-lain
MEDIAKompas, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, Suara Merdeka, SWA, dan lain-lain
TELEVISISurya Citra Televisi (SCTV), Kabel Vision, Indovision, dan lain-lain
RETAILMatahari, Lippo Supermall, Shell, Hero, dll
ASURANSIAsuransi Astra Buana, Asuransi Kesehatan (ASKES), Asuransi Jasindo, Asuransi Jiwasraya, Asuransi Tugu, dan lain-lain
AUTOMOTIVEToyota Astra Motor, Honda Mobil, Hino, dan lain-lain
FOODDanone, Indofood, Bogasari, Sariboga, Pocari Sweat, Vitajus,dll
ELECTRONICLG Indonesia, Samsung, dll
LAINNYAInternational Flavor & Fragrance, Bank Indonesia, European Union, Zest-O, BAT, dll

Berbagai Lembaga terkenalpun sudah menggunakan jasa mereka. Maka dari data di atas tidak di ragukan lagi kinerja apa yang dapat diterima dari market riset mars indonesia ini. 

0 Pemberitahuan:



BLOG MENU